2 Mei 2011

Gejala PHS pada Pria

Gejala PHS jarang terdeteksi pada Pria. Padahal, sekitar 6 juta pria Amerika diduga terkena penyakit hubungan seksual (PHS) tahun 1998. Tapi gejala tersebut ternyata tidak muncul pada sebagian besar dari mereka, sehingga para pria tersebut terlambat mendapat pengobatan. Tentu saja memprihatinkan karena PHS, sering menjadi penyebab infertilitas, bahkan bisa merenggut nyawa seseorang. Cobalah kenali penyebab PHS, dibawah ini :

  1. Clamidia. Tandanya adalah keluar cairan berwarna putih atau kuning dari penis, sakit saat buang air kecil, lecet sekitar kepala penis, dan nyeri pada testis. Perlu diingat, setengah dari penderita pria biasanya tidak mengeluarkan tanda-tanda tersebut. Akibatnya prostat membesar dan menyebabkan mandul. Faktanya, Clamidia ini sering diduga sebagai Gonorrhea. karena itu sering terjadi pria mendapat pengobatan (antibiotik) yang salah.
  2. Trichomoniasis. Tandanya adalah sering muncul gejala kemerahan atau iritasi pada ujung penis. Akibatnya, terjadi pembengkakkan testikel. Faktanya cairan dalam prostat biasanya bisa mematikan parasit yang menyebabkan Trichomoniasis. Karena itu pada beberapa kasus penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya. 70% penderitanya tidak menunjukkan gejala ini.
  3. Human Papillomavirus (HPV). Gejala dari penyakit ini adalah timbulnya beberapa kutil berwarna putih atau merah (seperti daging) pada penis, scrotum, atau di daerah anus. Akibatnya, beberapa jenis HPV bisa mengakibatkan kanker pada anus, rektum, dan penis. Faktanya, HPV bisa menular melalui persentuhan kulit dengan kulit.
  4. Gonorrhea. Gejala dari penyakit ini adalah keluarnya cairan berwarna hijau atau kuning dari penis secara periodik, dan akit saat buang air kecil. Satu diantara 4 pria yang terkena biasanya tidak tampak gejalanya. Akibatnya adalah dapat membuat seorang pria menjadi steril atau disebut mandul. Faktanya, GO bisa menular lewat hubungan seks oral atau anal.
  5. Hepatitis B. Gejalanya adalah sakit otot, demam, urin berwarna gelap, dan seringkali mengalami mual-mual. Banyak diantara penderita yang tidak memperlihatkan gejala. Faktanya, Hepatitis B paling tidak 100 kali lebih menular dibanding HIV. Jadi, segeralah melakukan vaksinasi.
  6. Genital Herpes. Gejalanya adalah timbul luka kecil dan kasar. Menyerupai gelembung yang terasa panas di daerah Genital. Terasa gatal, seperti terbakar. Dan sering muncul tanpa gejala tersebut. 70% penderita mendapatkan penyakit ini dari pasangannya. Virus ini bisa menyebar hanya dengan bersentuhan pada daerah lainnya, termasuk muka dan mata. Penyakit ini bisa menular melalui hubungan seksual.

0 comment(s):

Posting Komentar